Masjid Berwarna Pink: Sebuah Inovasi yang Menyegarkan
Masjid Berwarna Pink: Sebuah Inovasi yang Menyegarkan
Rabu, 08 Mei 2024 11:44 WIB | 146 views

Biasanya, kita melihat masjid-masjid dibangun dengan warna-warna netral seperti putih, coklat, emas, atau hijau. Namun, Masjid Zebun Nessa di Dhaka, Bangladesh, memutuskan untuk tampil berbeda dengan bangunan berwarna pink yang unik. Keputusan ini tidak diambil begitu saja, tapi dengan pertimbangan yang menarik.

Dilansir dari laman detikProperti, bangunan ini didesain untuk meredakan kesan 'keras' dari lingkungan industri sekitarnya. Di tengah bangunan-bangunan beton putih atau abu-abu yang mendominasi area industri, warna pink yang lembut ini memberikan sentuhan kelembutan dan kehangatan. Tekstur beton yang dilapisi dengan plester kapur dan bata merah juga mengingatkan pada metode tradisional Bengal, sementara inspirasi warna berasal dari arsitektur bersejarah seperti Mughal dan Indo-Saracenic.


Selain menawarkan tempat ibadah, Masjid Zebun Nessa juga berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi para pekerja lokal. Lokasinya yang strategis dekat dengan badan air memberikan suasana tenang bagi pengunjung.

Dalam proses pembangunannya, studio Morphogenesis menggunakan metode konstruksi vernakular yang umum digunakan di wilayah tersebut. Pendekatan ini, yang melibatkan penggunaan "penggalian dan gundukan", tidak hanya menjaga bangunan dari banjir saat hujan lebat, tetapi juga memungkinkan integrasi harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

Warna pink yang hangat dari bangunan kontras dengan interior berwarna turquoise yang lebih sejuk. Arah kiblat ditandai dengan bukaan melengkung yang menghadap ke badan air, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan sambil beribadah. Ruang salat terbuka dirancang untuk meningkatkan ventilasi alami dan memberikan perlindungan dari sinar matahari langsung.


Masjid ini didesain sebagai "paviliun pernapasan" yang memaksimalkan cahaya alami dan aliran udara. Dinding beton yang dilubangi dengan rongga persegi kecil memberikan ventilasi dan pencahayaan yang lembut, mengingatkan pada seni 'jali' pada arsitektur Islam kuno.

Dengan menggunakan semen merah dan pecahan batu bata lokal, lantai eksterior masjid dihiasi dengan gaya mosaik yang menarik. Area wudu luar ruangan juga dirancang dengan lantai mosaik berwarna biru kehijauan, menciptakan suasana penyucian sebelum ibadah.


Melalui desain inovatif ini, Masjid Zebun Nessa bukan hanya tempat ibadah, tapi juga merupakan simbol harmoni antara arsitektur, lingkungan, dan kebutuhan spiritual umat.



Masjid Zebun Nessa di Bangladesh (Foto: Asif Salman via Dezeen)



Berikan Komentar Via Facebook