7 Masalah Kesehatan Umum saat Berpuasa & Cara Mengatasinya
7 Masalah Kesehatan Umum saat Berpuasa & Cara Mengatasinya
Sabtu, 04 Mei 2024 09:15 WIB | 44 views

Saat menjalani ibadah puasa, tubuh mengalami berbagai perubahan yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat. Sebagai hasilnya, berbagai masalah kesehatan sering kali muncul selama berpuasa, seperti dehidrasi, sakit kepala, dan diare.

Mari kita lihat beberapa masalah kesehatan lain yang sering terjadi selama berpuasa beserta langkah-langkah untuk mencegahnya.

Masalah Kesehatan Saat Berpuasa
Saat berpuasa, dilansir dari laman siloamhospitals, beberapa masalah kesehatan yang sering kali muncul sebagai respons terhadap perubahan pola makan dan rutinitas harian:

1. Dehidrasi
Berpuasa menyebabkan kurangnya asupan cairan selama periode tertentu. Dehidrasi menjadi risiko yang tinggi terutama saat kehilangan cairan tubuh akibat kondisi tertentu atau aktivitas fisik, terutama dalam cuaca panas. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, ketidakseimbangan elektrolit, dan tekanan darah rendah. Risiko ini meningkat jika cuaca sedang panas dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

2. Refluks Asam Lambung
Lambung memproduksi asam klorida untuk mencerna makanan. Saat berpuasa, asam lambung dapat naik ke kerongkongan, menyebabkan gejala seperti perut kembung, sensasi panas di dada, dan rasa asam di tenggorokan. Gejala ini juga dapat memicu mual dan muntah.

3. Sakit Kepala
Sakit kepala sering terjadi selama berpuasa, terutama di siang hari. Ini disebabkan oleh dehidrasi dan kelaparan, yang dapat mengganggu aliran darah dan glukosa ke otak.

4. Diare
Diare sering terjadi selama berpuasa, umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau kelebihan konsumsi minuman berkafein. Diare dapat disebabkan oleh peningkatan sekresi air dan garam di saluran pencernaan.

5. Sembelit
Sembelit terjadi karena pergerakan makanan melalui saluran pencernaan yang lambat, serta kurangnya asupan serat dan cairan selama berpuasa.

6. Hipoglikemia
Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan gejala seperti gemetar, penglihatan kabur, dan keringat berlebihan. Kondisi ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

7. Nyeri Tenggorokan
Tenggorokan kering selama berpuasa dapat menyebabkan iritasi, memperburuk nyeri tenggorokan.


Pencegahan Masalah Kesehatan Saat Berpuasa

Untuk mencegah masalah kesehatan saat berpuasa, beberapa langkah yang bisa diambil adalah:

A. Memperhatikan Pola Makan
Makan makanan bergizi, membatasi lemak, gula, dan minyak, serta meningkatkan konsumsi buah dan sayuran.

B. Memperbanyak Asupan Cairan
Mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum dua gelas air saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas saat sahur. Juga, konsumsi makanan berkuah, jus, dan buah.

C. Melakukan Olahraga Ringan
Melakukan olahraga ringan seperti yoga atau jalan santai untuk menjaga kebugaran tubuh.

D. Berkonsultasi dengan Dokter
Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa.


Jadi, penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat jika mengalami gejala yang tidak biasa.


Ilustrasi sakit tenggorokan (Foto: ATHVisions/Getty Images/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook